Wednesday, November 17, 2010

Indomobi pickup

(28/05/2007) - Indomobil Group kembali memperkenalkan model-model dari China, kali ini adalah pickup double cab Wingle dan kendaraan niaga Foton, Minggu (27/5) di Arena Pekan Raya Jakarta dalam pameran China Machinery and Electronics Trade Exhibition (24 - 27 Mei).

"Masuknya merek-merek China ini, selain kualitasnya bagus, juga untuk mengisi ceruk-ceruk yang kosong," kata Gunadi Sindhuwinata, presiden direktur Indomobil Group. Dua model baru ini melengkapi model asal China pertama, Chery QQ.



Masuknya model-model itu tidak lepas dari munculnya merek-merek mobil baru di pasar global yang sebagian besar memang dari China. Meskipun ada pengalaman buruk dengan motor murah asal China, negara itu secara konsisten terus memperbaiki diri. Menurut Gunadi, pemerintah China sangat peduli dengan kualitas barang ekspor. Sebelum mendapat ijin ekspor, diteliti dulu kualitasnya, apakah sudah memenuhi standar mutu yang diharuskan. Keberhasilan perusahaan otomotif China itu karena konsisten mengembangkan teknologi dan memperbaiki kualitas.

"Indomobil sendiri tidak sembarangan mencari partner. Diteliti benar-benar kapasitasnya dan juga kualitas produk yang dihasilkan," tegas Gunadi, yang pernah menolak 'pinangan' salah satu perusahaan otomotif China karena kualitas produknya tidak memadai.



Wingle buatan Great Wall, salah satu produsen light truk utama di China. Pickup ini menjadi yang terlaris di China dalam sembilan tahun berturut-turut. Wingle menggunakan mesin diesel common-rail dengan teknologi Bosch Jerman. Sistem pengeraknya 4WD dengan proses pemindahan dari 2WD ke 4WD dilakukan lewat tombol di dashboard.

Berdasarkan data di brosur, pickup berbobot 1860kg dengan dimensi 5040 x 1800 x 1730mm ini digerakkan mesin yang memproduksi daya maksimal 70kW (91hp) dan torsi 225Nm pada 1600-2600rpm. Fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Selain sistem penggerak 4WD yang dioperasikan lewat tombol, masih ada jok kulit, tilt steering, transmisi 5MT yang enteng digerakkan, dan sesuai standar emisi Euro2.




Wingle akan dipasarkan dengan harga Rp 170 juta on the road Jakarta. Sasaran pembelinya adalah perusahaan pertambangan dan perkebungan. "Kami menargetkan penjualan fleet," kata Gunadi lagi yang sudah mencatat penjualan 30 unit. Wingle akan dirakit di Indonesia mulai November mendatang. Bersama Chery dan Foton, Wingle akan dirakit oleh PT National Assembler. Perakitan itu nantinya akan meningkatkan local content. Target penjualan Wingle adalah 1200 unit/tahun.

Foton adalah kendaraan niaga berkapasitas mesin 2.8 liter diesel turbo supercharger yang memproduksi daya maksimal 92.5ps/3600rpm dan torsi 20.2kg.m/2300rpm. Model ini akan dirakit di Indonesia mulai September. Target penjualan 3000 unit. Hingga hari terakhir pameran sudah tiga penguasa yang antusias dengan potensi pembelian 60 unit. Harga yang ditawarkan Rp 85 juta off the road.



"Saat ini kami menyiapkan empat dealer di Jakarta yaitu di Sunter, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai dan Bekasi," papar Paulus B. Suranto, CEO PT Indobuana Autoraya, agen tunggal Foton. "Saat ini kami sedang mengembangkan jaringan dealer di seluruh Indonesia mulai dari Medan hingga Manado," tambahnya.

Kota-kota itu adalah Medan, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Manado.